Wednesday 7 November 2012

File yang Terlupakan


Nemu ada file yang belum sempet dipublish euy. Sayang kalo ndak dikeluarin.

Institut Pertanian Bogor.
Yaaa perguruan tinggi yang dulu jadi target ku setelah lulus SMA, tapi waktu udah lulus bahkan aku ndak sempet daftar ke situ. Huhehe. Beberapa minggu kemarin ada obrolan sama emak (baca: Kalis Mardi Asih) biar bisa main ke situ. Eh kebeneran ada lomba paper yang diselenggarakan sama BEM KM IPB. Jadi tajuk acaranya tuh Gebyar Indonesia Berkarya yang disingkat jadi GIB. Subjudul nya Youth Paper Competition. Nah ini nih yang kita ikutin. Jadi semacam lomba paper. Bukan semacam sih emang Lomba paper ;p (kalo ada pertanyaan paper itu apa? Jadi paper itu hampir mirip sama karya tulis tapi lebih singkat gitu dah)

Akhirnya hari pengumuman pun tiba, Tim dari UNS berkesempatan buat presentasi di acara Gebyar Indonesia Berkarya. It means paper kta termasuk 6 terbaik. Pengumumannya dadakan banget jadi waktu ada pengumuman aku harus bolos seharian buat ngurus tiket dan segala macem (apaan segala macem padahal Cuma masalah tiket sama packing -,- tapi dua itu aja emang udah bikin ribet sih. Apalagi jumat kemarin hari terakhir registrasi buat Commdays Budiluhur. Jadi emang ribet banget kemarin pembelaan biar ndak dimarahin dosen)

Akhirnya aku sama Mbak Kalis berangkat naik bus Gunung Mulia yang berangkat pukul 14.30. mbak kalis udah sampai duluan gitu di terminal. Sedangkan aku masih ribet bawa tas Chula, bawa tas orange, sama bawa Tupperware biru. Naah akhirnya Tupperware ini ketinggalan di terminal T.T

 Gara-gara pengumuman yang dadakan, akhirnya kita pun belum buat presentasi. Jadilah malem itu aku lembur di bus. Karena sesuai kebiasaan sebelum-sebelumnya, bagian buat presentasi ini aku sedangkan Mbak Kalis bagian presentasi. :D

Paginya pukul 6.30, akhirnya kita mendarat dengan cantik di Dramaga. Sebuah Kecamatan di Bogor yang merupakan lokasi dimana Institut Pertanian Bogor berada. Setelah kasih kabar ke panitianya kita tinggal duduk manis di pool Gunung Mulia dan 20 mneit kemudian jemputan datang :D

Selama di IPB, kita disediakan penginapan di Wisma AMarilis. Wisma Amarilis ini adalah Guest house IPB. Yang fasilitas di dalemnya kalo aku bilang udah keren euy! Bagus. Nyaman. Bersih juga. Oh iya lupa cerita kalo selain aku sama Mbak kalis ada satu tim lagi dari UNS, yaitu timnya Bang Latho sama Mas Kuncoro. Mereka juga diundang presentasi di IPB. Jadilah kita bergosip-gosip ceria. :D

Hari pertama di Institut Pertanian Bogor, Waktu pembukaan acara dihadiri Pembantu Rektor IPB dan Bapak Yusril Ihza Mahendra. Bapak Yusril menyampaikan orasi ilmiah di depan para peserta seminar. Setelah selesae, giliram kita presentasi paper di ruang terpisah. Selesae sekitar pukul 12.00. Habis itu ada Forum Group Discussion (FGD) sesuai sama 6 tema lomba paper yang dilombain. Jadi setiap perwakilan paper terbaik itu ikut FGD sesuai sama temannya. Aku sama Mbak kalis ikut di group Moral. Di sini kita bahas tentang penurunan moral yang dipengaruhi sama penayangan media. kita juga diskusikan tentang beberapa solusi yang sekiranya bisa dipakai buat memperbaiki keadaan moral bangsa. FGD selesae pukul 16.00.

Setelah FGD ini harusnya masih ada acara presentasi hasil FGD, tapi ada temen yang ngajakin ngajar di Rumbel FIM (Rumah belajar Forum Indonesia Muda). Akhirnya aku ngikut dah tapi Mbak kalis nggak ikut soalnya masih presentasi hasil FGD.

Sekilas tentang Rumbel FIM
Jadi Rumbel FIM itu rumah belajar yang didirikan sama anak anak alumni FIM Bogor yang menamai diri mereka FIM Hore. FIM sendiri merupakan sebuah forum yang ngadain pelatihan buat pemuda dari seluruh Indonesia. Semacam character building gitu dah. Aku udah dua kali daftar tapi ditolak terus. Hueheheee.. gara-gara character ku udah kebangun dari sejak TK apa yak makanya nggak kepilih. Hehe.
Balik ke cerita, di Rumbel FIM ini, alumni FIM mengabdi buat jadi guru anak-anak di sekitaran Rumbel. Ada yang masih TK, ada juga yang udah SD bbahkan SMP. Suasanan rumble asik banget. Waktu aku ke sana, mereka pada ngajar ngaji. Liat antusiasme pengajarnya kita jadi semangat apalagi liat antusiasme anak-anak nya. Tambah semangat lagi. Belajar di rumble FIM selesae pukul 17.30. jangka waktu beberapa menit udah adzan maghrib.

Aku sekalian maghrib di Rumbel sambil setelah itu ngobrol-ngobrol sama temen-temen FIM HORE. Mereka asik-asik euy orangnya. Tapi akhirnya nggak bisa lama-lama di Rumbel karena kasian mbak kalis sendirian di Amarilis.

Hari kedua di IPB acaranya talkshow yang dihadiri bapak Elmier Amien. Beliau merupakan penggagas Forum Indonesia Muda. Selain Bapak Elmier, hadir juga kak Bima Arya (ato Arya Bima yak?0 beliau merupakan praktisi dari PAN yang dulunya seorang pengamat politik. Beberapa hal yang disampaikan sama beliau masih aku inget dah. Jadi berikut penjelasannya.
Pesan dari Kak Bima Arya.
PEMUDA, saat ini banyak:
1.       Generasi Retorika
Nagara ini butuh gerakan provokatif proaktif. Butuh tindakan konkret.
2.       Generasi Pragmatis
Tidak apa-apa tidak ikut partai politik. Tapi setidaknya seorang pemuda harus melek politik
3.       Generasi Curiga
Tinkat kepercayaan rendah, bertarung dengan nurani dan potensi.
4.       Generasi Pragmatis
Orang-orang yang minoritas.
Selain itu kak Bima Arya juga menyebutkan bahwa pemuda harus mau mengikuti tahapan-tahapan. Harus sabar. Selain itu juga ada tiga hal yang harus diperhatikan sama anak muda, yakni;
1.       Passion di bidang masing-masing.
2.       Focus membangun tahapan-tahapan.
3.       Gaul.

Setelah kak Bima Arya masih ada satu lagi pembicara Mapres IPB Kak Leo Wibisono. Hal yang disampaikan sama Kak Leo nggak beda jauh sama yang disampaikan Pak Elmier ataupun kak Bima Arya. Intinya pemuda harus bangkit dengan banyak prestasi.
Akhirnya acara selesae pukul 15.30 dan paginya aku sama Mbak Kalis ke Universitas Indonesia di Depok. Cari buku di UI International Book Fair. Huehee..

No comments:

Post a Comment