Monday 5 August 2013

Wat Suthat

Thailand adalah Negara yang terkenal dengan mayoritas penduduknya beragama Budha. Jadi hal yang lumrah jika di Bangkok terdapat banyak sekali temple (wat). Salah satu temple yang sayang untuk dilewatkan jika berkunjung ke Bangkok adalah Wat Suthat. Wat Suthat adalah temple yang teretak di Old City of Bangkok tepatnya di depan City Hall of Bangkok.

Wat Suthat adalah temple yang berbeda dari temple yang lain. Seperti kita ketahui bersama, temple memiliki arsitektur yang megah dan memanjakan mata, tapi jika ke Wat Suthat, selain bisa menikmati arsitektur dan ukiran kita juga bisa melihat Red Giant Swing yang terletak di depan pintu masuk Wat Suthat. Red Giant Swing ini konon dipakai untuk merayakan upacara ‘thankgiving’. Menurut cerita Mentor dari Thailand kemarin, aturan dalam Red Giant Swing ini adalah pemuda diayunkan dari Red Giant Swing untuk meraih tas berisi koin dengan menggunakan gigi mereka.

Bagaimana nasib pemuda selanjutnya? Selain pemuda yang berhasil meraih tas berisi koin, tidak sedikit pemuda yang terluka bahkan meninggal karena tradisi ini. Kemudian pada tahun 1932, tradisi ini dihentikan, namun keberadaan Red Giant Swing masih dipertahankan sampai saat ini.

Kemudian kita dibawa ke dalam Wat Suthat. Seperti temple yang lain Wat Suthat memiliki arsitektur yang mengundang decak kagum. Selain itu ukiran yang terdapat di pintu dan bangunan Wat Suthat tidak kalah mengundang perhatian. Di dalam Wat Suthat terdapat patung Budha setinggi lebih dari 5 meter dan dilapisi emas. Patung Budha ini dibangun ketika masa King Rama I dan baru selesai pada masa King Rama III. Jadi sampai saat ini umur patung Budha di Wat Suthat mencapai lebih dari 200 tahun. Selain patung Budha di dalam, terdapat deretan patung Budha dengan ukuran lebih kecil dari serambi bangunan Wat Suthat.

Wat Suthat terletak tidak jauh dari kompleks Temple of Emerald Budha, Grand Palace dan Wat Pho. Jadi jika sudah selesai mengunjungi beberapa tempat tersebut, bisa datang ke Wat Suthat ini. Selain pemandangan yang sayang untuk dilewatkan jam buka Wat Suthat juga mendukung untuk manjadi tempat yang dikunjungi paling akhir karena opening hours nya setiap hari dari pukul 08.30-21.00.


Red Great Swing

Tampak depan Wat Suthat

Patung Budha di Wat Suthat

Deretan patung budha di serambi Wat Suthat

City Hall of Bangkok

No comments:

Post a Comment